pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar
dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi
pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. psikologi
pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan
sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang
tunduk pada khusus penyandang cacat.
Menurut Muhibin Syah (2002),
Psikologi Pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi
yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
Sedangkan menurut ensiklopedia amerika, Psikologi Pendiikan adalah
ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan
penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk
meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
Dari beberapa pendapat tentang
psikologi pendidikan, saya mengambil kesimpulan bahwa pengertian Psikologi
Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia di
dalam dunia pendidikan yang meliputi studi sistematis tentang
proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia yang
tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
penggunaan psikologi dalam dunia
pendidikan sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Meskipun istilah W.J.S.
Purwadarminta (Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 2001.
Hal.267) psikologi pendidikan sendiri pada masa awal perkembangannya,
pemanfaatannya belum dikenal orang. Namun, seiring dengan perkembangan sains
dan teknologi, akhirnya lahir dan berkembanglah scara resmi (entah tahun
berapa) sebuah cabang khusus psikologi yang disebut psikologi pendidikan.
Menurut David (1972) pada umumnya para ahli memandang bahwa Johan Friedrich
Herbart adalah bapak psikologi pendidikan yang konon menurut sebagian ahli
masih merupakan disiplin sempalan psikologi lainnya itu.
Sekarang,
semakin dewasa usia psikologi pendidikan, semakin banyak pakar psikologi dan
pendidikan untuk mengembangkannya. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya
fakultas psikologi dan fakultas pendidikan di universitas-universitas terkenal
di dunia yang membuka jurusan atau spesialisasi keahlian psikologi pendidikan
dengan fasilitas belajar yang lengkap dan modern. Sayang, di negara kita
jurusan psikologi pendidikan-yang biasanya di gabungkan dengan bimbingan dan
penyuluhan (BP) itu sudah amat jarang diselenggarakan pada fakultas keguruan
baik negeri maupun swasta.
Kenyataan lain yang menunjukkan kepesatan perkembangan psikologi pendidikan adalah semakin banyaknya ragam cabang psikologi dan aliran pemikiran psikolog yang turut berkiprah dalam riset-riset psikologi pendidikan. Cabang dan aliran psikologi yang datang silih berganti menanamkan pengaruhnya terhadap psikologi pendidikan, di antaranya yang paling menonjol adalah:
1. Aliran humanisme dengan tokoh-tokoh utama J.J. Rousseau. Abraham Maslow, C. Rogers;
2. Aliran behaviorisme dengan tkoh utama J.B Watson. E. L. Thorndike, dan B.F Skiner.
3. Aliran kognitif dengan tokoh-tokoh utama J. Piaget, J. Bruner, dan D. Ausbel.
Kenyataan lain yang menunjukkan kepesatan perkembangan psikologi pendidikan adalah semakin banyaknya ragam cabang psikologi dan aliran pemikiran psikolog yang turut berkiprah dalam riset-riset psikologi pendidikan. Cabang dan aliran psikologi yang datang silih berganti menanamkan pengaruhnya terhadap psikologi pendidikan, di antaranya yang paling menonjol adalah:
1. Aliran humanisme dengan tokoh-tokoh utama J.J. Rousseau. Abraham Maslow, C. Rogers;
2. Aliran behaviorisme dengan tkoh utama J.B Watson. E. L. Thorndike, dan B.F Skiner.
3. Aliran kognitif dengan tokoh-tokoh utama J. Piaget, J. Bruner, dan D. Ausbel.
BAKAT
DAN INTELEGENSI DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Adapun kecerdasan atu inteligensi manusia mempunyai implikasi sebagai
suatu kemampuan adalah sbb :
1. Kemampuan
mengklasifikasi pola – pola objek
Seorang yang
normal adalah orang yang mampu dalam mengklasifikasikan stimulasi-stimulasi
yang tidak identik ke dalam satu kelas atau rumpun
2. Kemampuan
beradaptasi (kemampuan belajar)
Kemampuan
beradaptasi merupakan suatu kemampuan yang harus manusia miliki dalam
kehidupannya dan kemampuan beradaptasi ini menentukan inteligensi atau
kecerdasan seseorang apakah inteligensinya tinggi atau rendah
3. Kemampuan
menalar secara deduktif
Yaitu
kemampuan menalar atau melogikan sesuatu dari kesimpulan menjadi paparan yang
detail
4. Kemampuan
menalar secara induktif
Yakni
kemampuan penalaran atau melogikakan sesuatu yang berupa paparan atau
penjelasan menjadi suatu kesimpulan yang mewakili
5. Kemampuan
mengembangkan konsep
Yaitu
kemampuan seseorang memahami suatu c ara kerja objek atau fungsinya dan
kemampuannya bagaimana menginterpretasikan suatu kejadian
6. Kemampuan
memahami
Kemampuan
memahami adalah kemampuan seseorang dalam melihat adanya hubungan atau relasi
didalam suatu masalah dan kegunaan – kegunaan hubungannya bagi pemecahan
masalah tersebut.
Kecerdasan
atau intelegensi adalah kemampuan adaptasi dan menggunakan pengetahuan yang di
miliki dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup seseorang. Beberapa teori
menyatakan bahwa kecerdasan merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh
individu dalam menentukan tujuan hidupnya.
Inteligensi/kecerdasan secara umum dipahami pada dua tingkat yakni: kecerdasan
sebagai suatu kemampuan untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan
kesadaran. Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga
masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problem solved) dan dengan
demikian pengetahuan pun bertambah. (Djaali, 2006:63) memandang kecerdasan
sebagai pemandu dan penyatu dalam mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
Dengan kata lain, orang yang lebih cerdas, akan mampu memilih strategi
pencapaian sasaran yang lebih baik dari orang yang kurang cerdas. Artinya orang
yang cerdas mestinya lebih sukses dari orang yang kurang cerdas. Yang sering
membingungkan ialah kenyataan adanya orang yang kelihatan tidak cerdas
(sedikitnya di sekolah) kemudian tampil sukses, bahkan lebih sukses dari
rekan-rekannya yang lebih cerdas, dan sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar